Tentang RetailSoft

RetailSoft Platinum merupakan software terbaik untuk bisnis RETAIL maupun perdagangan umum. Software ini dirancang untuk meningkatkan kinerja dan memberikan kontrol yang maksimal terhadap bisnis anda.

Software ini sangat sesuai bagi anda yang bergerak dibidang :

  • Minimarket
  • Distributor / Retailer (Pakaian, Handphone, Komputer, dll)
  • Otomotif, Sparepart dan Variasi
  • Bengkel
  • Apotek
  • Restoran / Cafe
  • Dealer Mobil / Motor
  • Toko
  • Dll


Aplikasi Point Of Sales merupakan istilah yang dipergunakan untuk menyebut Aplikasi atau sistem yang mendukung sistem penjualan konter / model penjualan ritel, seperti yang terdapat pada contoh-contoh di atas.

POS (Point Of Sale) merupakan sistem yang mendukung penjualan langsung (direct sales) kepada pelanggan pada sebuah store / lokasi, dimana barang-barang / jasa langsung dijual / disampaikan kepada pelanggan. Aplikasi Point Of Sales merupakan Aplikasi yang berfungsi menggantikan peranan cash register, dengan menambahkan fitur-fitur penting seperti : kemampuan untuk melakukan tracking penjualan berdasarkan pelanggan, barang, lokasi dan lain-lain, mengatur diskon / promosi, manajemen petty cash, manajemen stok yang rapi, memproses credit card, dll.

Dalam kompetisi yang sangat ketat pada lingkungan bisnis saat ini, dibutuhkan usaha yang keras, pengalaman dan pengetahuan yang bersifat superior. Sayangnya, hal di atas tidak akan memberikan hasil yang optimal, jika segala sesuatunya masih dikerjakan secara manual atau semi manual, sehingga dibutuhkan sebuah Aplikasi yang dapat membantu eksistensi perusahaan dalam lingkungan bisnis pada saat ini. RetailSoft Platinum :: Point Of Sales memberikan solusi untuk hal tersebut, dimana Anda dapat dengan cepat memproses penjualan kepada pelanggan, memonitor inventory level, mengontrol pembayaran, tracking terhadap hutang dan masih banyak lagi.

RetailSoft Platinum, menyediakan solusi end-to-end untuk bisnis ritel.



Friday, June 19, 2009

Teknologi (Hardware) Pendukung bisnis Ritel

Bisnis Ritel merupakan bisnis dengan kompetisi yang sangat ketat dan tajam, keberhasilan perusahaan-perusahaan Ritel sangat tergantung kepada bagaimana cara memberikan respon terhadap situasi kompetitif tersebut. Untuk dapat bertahan atau bahkan menjadi pemimpin pasar, perusahaan harus menerapkan atau menggunakan teknologi yang tepat dan sesuai dengan perkembangan bisnis terkini. Dan teknologi ini tidak hanya sekedar menjadi 'alat bantu' tetapi teknologi harus menjadi 'business enabler' yang dapat bereaksi dengan cepat (adaptable) terhadap berbagai perubahan proses bisnis sebagai implementasi dari rencana strategic perusahaan. Keberadaan Teknologi pada Perusahaan, juga harus diimbangi dengan penguasaan yang baik oleh seluruh tim yang terlibat di dalam bisnis ini, mulai dari pramuniaga, store manager, merchandiser, warehouse staff, bahkan sampai ke direksi.

Peritel tidak dapat memilih hardware POS yang tepat untuk bisnisnya jika peritel tersebut tidak memahami jenis-jenis hardware atau peralatan yang dibutuhkan untuk bisnis ritel. Terdapat 4 buah parameter yang dapat dipergunakan untuk melakukan pemilihan terhadap hardware / peralatan POS, yaitu :
  • Convenience

  • Price

  • Size, dan

  • Speed


Seperti telah disebutkan di atas, bahwa hardware dipergunakan dihampir semua proses pada bisnis Ritel, mulai dari Store (POS System) hingga ke level eksekutif. Pada Store, hardware dipergunakan untuk mendukung penjualan langsung, inventory control, me-manange order / request barang, tracking harga. Selain itu terdapat, Customer tracking tools yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Pada level manajerial / eksekutif, teknologi dapat dipergunakan untuk perencanaan dan pembuatan keputusan.

Inventory Tracking
  • Electronic Data Interchange (EDI) : transaksi komputer ke komputer dari Store ke database Vendor dan sistem Ordering

  • Wireless hand-held inventory units : mencatat inventori dan mengirimkan data ke database di kantor pusat

  • Universal Product Code (UPC) : sistem identifikasi produk menggunakan barcode atau unique numbering

  • Automatic replenishment : me-manage restocking pada barang apa yang terjual

  • Virtual shelves : Intranet antara peritel dengan vendor yang memperlancar komunikasi dan on-time replenishment



Customer Service
  • Customer Relationship Management (CRM) : software yang membantu peritel untuk me-manage pelangan-pelanggannya

  • In-Store interactive kiosks : Pelanggan dapat melihat / memeriksa produk secara detail

  • Smart register / POS terminal : yang dipergunakan untuk mencetak kupon, menghitung diskon, program promo, meng-capture profil pelanggan, dll

  • Signature-capture technology : Dipergunakan pasa terminal POS untuk transaksi menggunakan kartu kredit, debit dll

  • E-Business : Memungkinkan interaksi yang berkelanjutan antara retailer, shopper dan vendor



Business Intelligence
  • Business Intelligence dipergunakan untuk menghasilkan laporan analitikal yang dapat dipergunakan pada level manajerial untuk melakukan analisa dan mengambil keputusan

No comments:

Post a Comment

ShareThis